Jumat, 10 Juni 2016

Jenis-jenis Imunisasi yang harus Anda Ketahui beserta Khasiatnya

Memberikan Imunisasi pada Bayi dan Anak Anda adalah hal yang sangat penting. Ya, pemberian kekebalan tubuh ini akan mendukungnya untuk tumbuh dewasa menjadi Anak yang sehat dan produktif. Jika membahas tentang Imunisasi maka akan cukup banyak jenis Vaksin yang harus Anda pahami mulai Vaksin Tuberkulosis, Tetanus, Hepatitis sampai dengan Polio. Nah kali ini Anda akan belajar tentang Jenis-jenis Imunisasi yang harus Anda ketahui beserta Khasiatnya.
1. Imunisasi BCG
Jenis Imunisasi ini digunakan untuk memberikan ketahanan atau kekebalan pada tubuh sang Anak dari Penyakit Tuberkulosis (TBC) yang berupa Virus Tubercle Bacilli yang berada dalam darah. Vaksin BCG ini diberikan 1 kali sebelum Anak memasuki usia 2 bulan. BCG sendiri singkatan dari Bacillus Calmette Guerrin dan Vaksin ini berisi BCG hidup yang dilemahkan sekitar 50.000 – 1.000.000 partikel / dosis, jadi tidak berbahaya bagi tubuh.
2. Imunisasi DTP
Imunisasi jenis ini berisi 3 Vaksin yang berfungsi untuk melindungi sang Anak dari penyakit Difteri, Tetanus dan juga Pertusis. Difteri sendiri adalah berupa infeksi bakteri yang menyerang tenggorokan yang bisa menyebabkan permasalahan yang cukup serius. Tetanus berasal infeksi dari bakteri yang dapat menyebabkan bagian tubuh tertentu terasa kaku dan juga kejang-kejang. Sementara Pertusis disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang daerah saluran pernafasan sehingga penderita biasanya mengalami batuk cukup parah dan nafas yang berbunyi tinggi.
3. Imunisasi Campak
Penyakit campak ini sering kali menyerang Anak-anak yang tumbuh menjadi remaja dan biasanya hanya menyerang sekali dalam seumur hidup. Meskipun begitu, Anda harus waspada karena penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Vaksin campak ini baru bisa diberikan saat Anak berusia 9 bulan atau bahkan lebih.
4. Imunisasi Hib
Jenis Imunisasi ini akan memberikan Anak kekebalan terhadap infeksi Haemophilus influenza tipe B (Hib). Hib ini bisa menyebabkan berbagai permasalahan seperti Miningitis, dan juga infeksi pada tenggorokan yang cukup parah.
5. Imunisasi MMR
Jenis Imunisasi ini memberikan perlindungan bagi sang Anak dari penyakit-penyakit yang cukup berbahaya seperti Campak dan Gondongan. Penyakit Campak sendiri bisa menyebabkan sang Anak terkena demam, mata yang terus berair, batuk dan pilek tidak berhenti dan juga kulit yang terlihat beruam. Jika ini dibiarkan maka akan melangkah ke stadium lanjut dimana bisa menyebabkan infeksi pada telinga dan pembengkakan otak yang tentunya bisa menyebabkan kematian.
Sementara Gondongan sendiri bisa menyebabkan masalah fatal pada bagian buah zakar sehingga bisa menyebabkan kemandulan. Biasanya vaksin MMR ini disuntikkan sebanyak 2 kali. Vaksin ini biasanya diberikan pada Anak yang sudah memasuki usia 15 bulan, dan bisa menjadi pengganti dari Vaksin Campak. Sehingga setelah Vaksin MMR ini diberikan, maka Vaksin Campak sudah tidak perlu diberikan lagi kepada sang Anak.
6. Imunisasi Polio
Inilah salah satu Imunisasi Paling Penting dari Jenis-jenis Imunisasi yang harus Anda Ketahui beserta Khasiatnya. Penyakit yang satu ini sudah memakan korban yang cukup banyak dan bahkan saking banyaknya, Anda bisa melihat dengan jelas manakah orang yang terkena Polio. Penyakit Polio ini bisa menyebabkan kelumpuhan seluruh anggota badan dan ini adalah penyakit yang berbahaya. Vaksin Polio biasanya diberikan ketika Bayi yang baru lahir, berikutnya diberikan lagi saat Bayi berumur 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 15 bulan dan 5 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar